Sistem Pembelajaran E-Learning melalui Televisi Lanjutan…


Sistem Pembelajaran E-Learning melalui Televisi
Lanjutan…

TVE dapat dimanfaatkan oleh siswa, guru maupun pihak-pihak atau masyarakat yang berkepentingan dalam dunia pendidikan sehingga dapat mendukung proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan menyenangkan serta sesuai dengan yang diharapkan. Namun agar TVE ini bisa dimanfaatkan secara optimal, guru juga memiliki peran yang sangat besar. Oleh sebab itu, mau tidak mau seorang guru harus memiliki kecakapan melek teknologi, sehingga guru-guru mampu menyelenggarakan dan mengembangkan pendekatan pengajaran dan pembelajaran yang berbasis teknologi.
Menurut saya, TVE ini termasuk media elektronik dari e-learning yang kalau dikaitkan dengan teorinya Romiszowski dimana TVE merupakan sarana yang dapat memfasilitasi terjadinya proses belajar secara kelompok seperti yang disebut oleh Romiszowski sebagai Group-based e-learning asynchronously, yang mengacu pada situasi dimana kelompok pelajar bekerja melalui Intranet atau Internet dan pertukaran diantara peserta terjadi dengan waktu tunda (yaitu tidak secara real time). Contoh umum semacam ini aktivitas termasuk on-line diskusi melalui mailing list elektronik dan berbasis teks konferensi dalam manajemen sistem pembelajaran. Secara langsung TVE tidak terlihat sebagai diskusi online, namun hanya kegiatan menonton saja. Namun jika ditinjau isi siaran yang disiarkan, seperti program Ki Hajar, TVE juga dapat menjadi sarana terjadinya kelompok belajar karena siswa dapat saling bertukar informasi dengan teman sebaya dari daerah lain.
            Setelah membaca beberapa tabloid Klub Guru yang berisi tentang perkembangan e-learning dalam dunia pendidikan dan melakukan diskusi bersama Dosen dan teman-teman, saya jadi berfikir ulang, peran apa yang dapat saya mainkan untuk mendukung e-learning??? Sejauh ini saya merasa saya adalah orang yang kurang melek media. Lalu apa yang dapat saya lakukan??? Ya melalui blog ini, setidak saya dapat memulai untuk melek media. Saya sendiri, selaku orang yang kurang menguasi teknologi, saat ini merasa masih bingung dengan peran yang dapat saya berikan dalam mendukung e-learning. Tapi berdasarkan ilmu yang saya peroleh dalam perkuliahan, saya yakin bahwa peran saya, yang nantinya akan berkecimpung di dunia pendidikan, sangat besar.  Tapi apa ya??? Teman-temanku, mari kita diskusikan. Berikan komentar ya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

psipddk3sks mengatakan...

...belum terlambat Rosya...
dan bergegaslah..
teknologi dan perkembangannya tidak menunggu kita dan kita pasti harus mengejarnya :)

Selamat belajar dan berjuang:)

wass,
di

Posting Komentar